Breaking News
Loading...
Tuesday, June 4, 2013

Info Post
Membuat kode html di dalam text area. Globalklik Inc akan sedikit share bagaimana membuat text area yang di dalamnya ada kode html.

Tahu text area kan? Banyak yang sudah tahu membuat ini. Caranya sangat gampang, tinggal ketik kode html seperti ini=

<textarea cols="22" rows="3">TULISAN ANDA DISINI</textarea>

Maka jadilah seperti ini:

Gimana? Gampangkan? Oke saya akhiri postingan ini. Hehehe.

Kita ke pokok utama, yaitu membuat kode html di dalam text area. Trik ini sering dibuat oleh blogger untuk tukaran banner atau link. Nah masalahnya, kalau kode html itu dibuat utuh, maka dia jadi banner/link sungguhan. Maksud hati cuma mau buat text area saja, eeh malah jadi link. Hehehe, maka untuk menyiasati ini, disisipkanlah tanda bintang (*) supaya kodenya tidak jadi link, seperti contoh ini:



catatan: hapus tanda bintang (*).


Bagus juga sih idenya sob, cuma masalahnya repot yang mau ngopy pastenya. Kudu ngapus tanda bintang kan repot! Orang Indonesia kan nggak mau repot, mau yang praktis aja. Ya kan? Kalau cara seperti diatas, bisa2 nggak jadi tukaran linknya

Kemarin, Pak Lek saya, Albert Einstein datang bersilaturahmi ke rumah saya sob. Saya suguhi teh manis hangat sama gorengan seadanya. Setelah cerita2 ngalur ngidul (maklum, sudah lama kami nggak jumpa) beliau memberi sebuah ilmu html, yang saya kira sangat baik untuk saya share di sini.

Albert Einstein bilang, kalau mau membuat kode html di dalam text area itu harus di convert dulu ke encode pada Kode html yang akan dimasukan ke dalam textarea. Kita hanya cukup merubah tanda lebih kecil < pada html diatas dengan & lt; (tanpa spasi). Sehingga kode html tadi seperti ini:

<textarea cols="22" rows="3"> & lt;a href="domain anda">text-anchor-anda & lt;/a> </textarea>

hasil seperti ini:

Itulah yang saya pelajari dari Albert Einstein kemarin. Barangkali bermanfaat untuk anda.

Next, saya jadi teringat, waktu saya membintangi sebuah film bersama bintang film terkenal, MARIA OZAWA, waktu itu si cantik itu pun memberi satu jurus ampuh, yaitu, memasang tombol copy pada text area. Jadi yang mau ngopy nggak usah repot men-drag semua tulisan yang ada di text area. Mereka cukup menekan tombol copy saja.

Hari ini, jurus dari mbak Ozawa itu akan saya bagikan untuk anda semua. Kode nya begini:

<div> <form name="copy"> <div align="center"> <input onclick="javascript:this.form. txt.focus();this.form.txt.select ();" type="button" value="Copy All" /> </div> <div align="center"> </div> <div align="center"> <textarea cols="15" name="txt" rows="50" style="height: 100px; width: 350px;" wrap="VIRTUAL"> <a href="nama domain">text anda</a> </textarea> </div> </form> </div>

Hasilnya:


Berhubung saya kebelet boker, jadi saya sudahi dulu ya! Serius.. Kalau ada pertanyaan, jawaban, mau ngisi pulsa, mau marah2, mau makan bakso, dsb, silahkan di kolom komentar ya.!

0 komentar:

Post a Comment