Breaking News
Loading...
Friday, September 27, 2013

Info Post
(Reader Nopi Margareni)

Huruf Kanji adalah salah satu macam huruf yang bersejarah paling lama dan paling banyak pemakainya di dunia. Lahirnya huruf Kanji tidak hanya mendorong maju perkembangan kebudayaan Tiongkok, tapi juga menimbulkan pengaruh menjangkau jauh terhadap perkembangan kebudayaan dunia. Salah satunya adalah Jepang.
Di berbagai daerah di Jepang, tulisan kanji sudah menjadi ciri khas dari negara matahari terbit ini. Hampir sebagian besar alat komunikasi di Jepang menggunakan huruf kanji diantaranya; Koran, televisi, papan iklan, ponsel, dll. Sehingga bisa dibayangkan bila tinggal di Jepang tanpa bisa membaca dan bisa mengerti huruf yang berasal mula dari Cina ini. Hal inilah yang membuat saya tertarik terhadap huruf Kanji. Saya beruntung, karena ketertarikan saya terhadap kanji dapat saya tekuni dan pelajari setelah saya duduk dibangku perkuliahan. Dari seluruh mata perkuliahan yang ada, menurut saya, kanji adalah pelajaran yang paling menantang dan menarik.

Seperti halnya mata pelajaran matematika yang memerlukan usaha untuk bisa mencari jawabannya, pelajaran Kanji juga diperlukan penguasaan diri dan usaha keras untuk bisa menguasainya. Setelah saya mengenal dan mempelajari beberapa huruf Kanji, saya baru mengetahui bahwa dalam menulis huruf Kanji tidak boleh sembarangan. Karena huruf Kanji memiliki aturan dalam menulisnya, yaitu dengan cara menulis sesuai dengan urutan coretannya. Sehingga untuk bisa menguasai huruf Kanji sangat diperlukan ketekunan dalam berlatih agar dalam menulis, tangan kita menjadi terbiasa, seperti halnya pepatah yang mengatakan "bisa karena terbiasa".


FotoBuku Media Pembelajaran Kanji Buku Media Pembelajaran Kanji

Selain berlatih, saya juga membeli kamus mengenal kanji sebagai media untuk dapat belajar huruf kanji di rumah. Pada salah satu kesempatan, saya mencoba untuk mengasah kemampuan kanji saya dengan mengikuti lomba menulis huruf kanji. Walaupun dalam kesempatan tersebut saya tidak menang, tetapi saya tidak berkecil hati. Masih banyak kesempatan lainnya dan sekarang waktunya saya untuk mempelajari huruf kanji lebih tekun lagi.

Dalam menulis kanji memang tidak mudah karena urutan coretannya harus benar. Sama halnya dengan perjalanan saya dalam mempelajari huruf kanji. Awalnya memang susah, tapi dengan ketekunan semua yang awalnya susah akan menjadi mudah. Melalui Kanji kita dapat mengambil pelajaran dari sisi lainnya yaitu ; sebelum memperoleh sesuatu yang baik, kita harus melalui proses dengan tekun terlebih dahulu.

Silahkan klick disini untuk meliahat profil Nopi Margareni Student of Japanese Kanji letter  :)

0 komentar:

Post a Comment